6 Cara Mengatasi Water Heater Ariston yang Tidak Keluar Air

Cara mengatasi water heater Ariston yang tidak keluar air – Beberapa hal dapat menjadi penyebab water heater Ariston tidak keluar air. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya kamu harus tahu dan mengidentifikasi terlebih dahulu apa yang jadi penyebabnya.

Water heater yang tidak mengeluarkan air dapat menghambat aktivitas sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau kebutuhan lainnya yang membutuhkan air panas. Tentunya, ngga praktis, ya, harus masak air dulu. Oleh karena itu, kenali dan identifikasi penyebab mengapa water heater tidak mengeluarkan air panas serta menemukan solusi untuk masalah-masalah ini agar kamu dapat menikmati air panas dengan lancar.

Penyebab Water Heater Ariston Tidak Mengeluarkan Air

merawat water heater ariston

Beberapa hal berikut ini dapat menyebabkan water heater tidak mengeluarkan air. Lakukanlah identifikasi, barangkali salah satu penyebab ini yang menjadi alasan mengapa water heater tidak mengeluarkan air.

1. Saklar Daya Tidak Aktif

Pastikan bahwa saklar daya water heater Ariston dalam posisi aktif atau on. Jika saklar mati atau off, water heater tidak akan menyala dan tidak akan mengeluarkan air panas.

2. Gangguan Listrik

Water heater Ariston membutuhkan pasokan listrik yang stabil untuk berfungsi dengan baik. Jika tidak ada listrik atau ada gangguan pada pasokan listrik, water heater mungkin tidak akan mengeluarkan air. Periksa sumber daya listrik, pastikan koneksi listrik terhubung dengan baik, dan pastikan pemutus arus (circuit breaker) tidak terpicu. Pastikan ada pasokan listrik yang stabil ke water heater.

3. Thermostat Bermasalah

Thermostat pada water heater berfungsi untuk mengontrol suhu air. Jika thermostat rusak atau tidak berfungsi dengan baik, air panas mungkin tidak keluar. Periksa pengaturan suhu pada water heater dan pastikan thermostat berfungsi dengan benar.

4. Elemen Pemanas Rusak

Elemen pemanas pada water heater adalah komponen penting yang bertanggung jawab untuk memanaskan air. Jika elemen pemanas pada water heater Ariston rusak, air tidak akan dipanaskan sesuai pengaturannya, bahkan tidak keluar air sama sekali. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan atau keausan pada elemen pemanas. Dalam hal ini, perlu memanggil teknisi untuk memperbaiki atau mengganti elemen pemanas.

Baca Juga   7 Tips Konsumsi Air Hangat untuk Diet

5. Katup Air Tidak Terbuka

Pastikan katup air di water heater Ariston terbuka dengan benar. Jika katup air tertutup, maka aliran air ke water heater akan terhambat dan air tidak akan keluar. Periksa katup air dan pastikan itu dalam posisi terbuka.

6. Adanya Masalah pada Pipa atau Saluran Air

Ada kemungkinan terjadi masalah pada pipa atau saluran air yang menghubungkan water heater Ariston dengan sistem pasokan air. Barangkali, jalur pipa mungkin tersumbat, bocor, atau ada kerusakan lain yang menghambat aliran air. Periksa pipa-pipa untuk melihat apakah ada penyumbatan atau kerusakan yang menghalangi aliran air.

Cara Mengatasi Water Heater Ariston yang Tidak Mengeluarkan Air

periksa katup air

Jika water heater Ariston tidak mengeluarkan air, ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut :

1. Periksa Pasokan Listrik

Pastikan water heater Ariston terhubung dengan baik ke sumber listrik dan listrik menyala dengan normal. Periksa juga pemutus arus (circuit breaker) terkait dan pastikan tidak ada masalah dengan pasokan listrik ke unit.

2. Periksa Katup Air

Apabila katup air pada water heater tidak terbuka sepenuhnya, dapat menyebabkan water heater tidak mengeluarkan air. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menghadapi masalah katup air yang tidak terbuka :

a. Lokasi Katup Air

Temukan lokasi katup air yang mengontrol aliran air ke water heater. Biasanya, katup air terletak di dekat unit water heater atau di pipa air yang masuk ke unit tersebut.

b. Periksa Posisi Katup Air

Periksa apakah katup air berada dalam posisi terbuka atau tertutup. Katup air yang terbuka sejajar dengan arah pipa, sedangkan katup air yang tertutup berada dalam posisi melintang terhadap arah pipa. Pastikan katup air tersebut dalam posisi terbuka agar aliran air dapat mengalir dengan lancar ke water heater.

Baca Juga   Terapi Air Panas dan Garam untuk Mengatasi Asam Urat dan Rematik

c. Putar Katup Air

Jika katup air terlihat tertutup, putar katup secara perlahan dengan arah jarum jam untuk membukanya. Pastikan untuk tidak memaksa katup secara berlebihan, karena dapat menyebabkan kerusakan pada katup atau pipa.

d. Bersihkan Katup Air

Terkadang, katup air dapat terhambat oleh kerak atau kotoran. Jika katup air terlihat kotor, gunakan sikat kecil atau kain bersih untuk membersihkannya dengan lembut. Pastikan untuk membersihkan katup air secara hati-hati agar tidak merusak komponennya.

e. Periksa Kebocoran

Setelah membuka katup air, periksa apakah ada kebocoran pada sambungan katup atau pipa. Jika ada kebocoran, pastikan semua sambungan terpasang dengan baik atau perlu diperbaiki.

f. Perhatikan Tanda-Tanda Kerusakan

Periksa apakah katup air mengalami kerusakan seperti retak, aus, atau bocor. Jika demikian, mungkin perlu mengganti katup air dengan yang baru.

g. Perhatikan Tekanan Air

Pastikan tekanan air dari pasokan utama mencukupi untuk water heater. Tekanan air yang rendah dapat menyebabkan masalah aliran pada katup air atau water heaternya. Jika tekanan air rendah, sebaiknya kamu memanggil penyedia air untuk memeriksa dan meningkatkan tekanan air.

3. Periksa Valve Relief Tekanan

Beberapa water heater Ariston dilengkapi dengan valve relief tekanan yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan air. Pastikan valve relief tersebut tidak terblokir atau rusak. Jika terlihat ada kerusakan, valve relief mungkin perlu diganti.

4. Periksa Filter Air

Water heater Ariston biasanya dilengkapi dengan filter air yang dapat terblokir oleh kotoran atau kerak. Periksa filter air dan bersihkan jika terlihat kotor. Jika filter air sangat kotor atau rusak, pertimbangkan untuk menggantinya.

5. Periksa Elemen Pemanas

Water heater menggunakan elemen pemanas untuk memanaskan air. Pastikan elemen pemanas tidak rusak atau terbakar. Jika elemen pemanas terlihat rusak, gantilah elemen pemanas tersebut.

Baca Juga   7 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Serai

6. Panggil Teknisi

Jika kamu sudah mencoba langkah-langkah di atas tetapi water heatermu masih tidak mengeluarkan air, maka cobalah untuk menghubungi teknisi yang berpengalaman dalam perbaikan water heater. Para teknisi akan dapat mengidentifikasi masalah dengan lebih mendalam dan memberikan solusi yang sesuai.

Kesimpulan

Ketika water heater Ariston tidak keluar air, masalah tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti katup air yang tidak terbuka sepenuhnya, masalah listrik, valve relief tekanan yang terbuka, filter air yang tersumbat, elemen pemanas yang rusak, masalah pada pipa atau saluran air, atau gangguan mekanis lainnya. 

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi water heater Ariston yang tidak keluar air, yaitu cobalah untuk memeriksa pasokan listrik, periksa dan buka katup air, periksa komponen lainnya seperti valve relief, filter air, dan elemen pemanas, serta perhatikan kemungkinan masalah pada pipa atau saluran air. 

Sudah mencoba semua hal yang disebutkan tapi masih belum berhasil juga? Artinya, sudah saatnya kamu menghubungi kami untuk penanganan lebih lanjut. Hubungi kami disini dan jadwalkan dengan teknisi kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top