Water Heater yang Irit Listrik? Yuk, Cobain 10+ Cara Ini

Water Heater yang Irit Listrik – Pemanas air atau water heater merupakan salah satu perangkat rumah tangga yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Seiring dengan harga listrik yang semakin mahal, penggunaan water heater yang boros listrik akan memperbesar tagihan listrik bulanan, lho.

Tapi, kamu tak usah khawatir lagi karena ada cara untuk menghemat penggunaan listrik pada water heater dengan menggunakan produk-produk yang irit listrik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memilih dan menggunakan water heater yang irit listrik di rumahmu.

10+ Tips Memilih dan Menggunakan Water Heater yang Irit Listrik

1. Ukuran yang Tepat

Pilihlah water heater yang sesuai dengan kebutuhan. Hindari memilih water heater yang terlalu besar karena akan memakan lebih banyak listrik daripada yang kamu butuhkan. Sebaliknya, jika water heater terlalu kecil, maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk memanaskan air yang dibutuhkan dan akan membutuhkan lebih lama dan lebih banyak listrik.

2. Pilih Water Heater yang Dilengkapi Thermostat

Kedua, pilihlah water heater yang dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi untuk mengontrol suhu air hangat. Dengan menggunakan thermostat, tentunya kamu dapat mengatur suhu air sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika kamu hanya membutuhkan air hangat, maka suhu air yang dihasilkan oleh water heater bisa diatur pada suhu yang lebih rendah. Hal ini akan membantu menghemat penggunaan listrik pada water heater.

3. Gunakan Water Heater dengan Teknologi Terbaru

Pilihlah water heater yang menggunakan teknologi terbaru. Saat ini, banyak water heater yang dilengkapi dengan teknologi pintar, seperti teknologi heat pump atau teknologi solar. Teknologi heat pump memanfaatkan panas udara untuk memanaskan air, sementara teknologi solar memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan air. Kedua teknologi ini akan membantu menghemat penggunaan listrik pada water heater.

Baca Juga   Air Hangat untuk Hipertensi: Solusi Efektif

4. Perhatikan Isolasi Water Heater

Pastikan water heater Anda memiliki isolasi yang cukup. Isolasi berfungsi untuk menjaga agar panas air tidak hilang dan tidak perlu dipanaskan lagi. Oleh karena itu, penggunaan listrik pada water heater dapat dihemat.

5. Gunakan Water Heater dengan Sistem Pemanas Air Langsung

Pilihlah water heater dengan sistem pemanas air langsung. Sistem ini akan memanaskan air yang kamu butuhkan secara langsung dan akan menghemat penggunaan listrik pada water heater. Selain itu, sistem ini juga lebih cepat dan efisien dalam memanaskan air.

6. Rutin Lakukan Perawatan

Lakukan perawatan secara rutin pada water heater. Pastikan water heater selalu dalam kondisi baik dan bersih dari kotoran atau kerak air. Dengan melakukan perawatan yang rutin, maka kinerja water heater akan tetap optimal dan menghemat penggunaan listrik.

7. Matikan Water Heater saat Tidak Digunakan

Jangan biarkan water heatermu tetap menyala ketika tidak digunakan. Pastikan untuk mematikan water heater setelah digunakan agar tidak boros listrik.

8. Gunakan Water Heater Sesuai Kebutuhan

Penggunaan water heater yang tidak sesuai kebutuhan akan membuang-buang energi listrik yang tidak perlu. Sebaiknya, gunakan water heater hanya saat Anda benar-benar membutuhkan air panas, seperti saat mandi atau mencuci piring. Hindari penggunaan water heater hanya untuk menghangatkan air yang tidak digunakan.

9. Pasang Timer pada Water Heater

Jika kamu sering lupa mematikan water heater setelah digunakan, sebaiknya kamu memasang timer pada water heater. Timer akan membantumu mematikan water heater secara otomatis setelah beberapa waktu tertentu, sehingga mencegah pemborosan listrik.

10. Hindari Memasang Water Heater di Tempat yang Tidak Tepat

Tempat pemasangan water heater juga mempengaruhi efisiensi penggunaannya. Hindari memasang water heater di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau tempat yang terlalu dingin, seperti di garasi atau di bawah tangga. Tempatkan water heater di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan suhu lingkungan yang stabil.

Baca Juga   Air Hangat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

11. Pertimbangkan Ukuran Keluarga

Pertimbangkan ukuran jumlah keluarga ketika memilih water heater. Jika kamu memiliki keluarga besar, maka pilihlah water heater yang lebih besar agar dapat memenuhi kebutuhan air panas sekaligus dan menghindari penggunaan listrik yang berlebihan.

12. Gunakan Air yang Bersih

Air yang kotor atau mengandung mineral dapat membuat water heater bekerja lebih keras untuk memanaskan air. Sebelum memasukkan air ke dalam water heater, pastikan untuk menyaring atau membersihkannya terlebih dahulu.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, penggunaan listrik pada water heater dapat dihemat dengan signifikan.

Tips Sebelum Membeli Water Heater yang Irit Listrik

Penggunaan water heater yang irit listrik merupakan cara yang tepat untuk menghemat penggunaan listrik di rumah. Dengan memilih water heater yang tepat dan menerapkan teknik penghematan yang tepat, kamu dapat mengurangi penggunaan listrik pada water heater hingga 50%. Selain itu, penggunaan water heater yang irit listrik juga merupakan upaya yang baik dalam menjaga lingkungan.

Dengan melakukan beberapa langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat memiliki water heater yang hemat listrik dan ramah lingkungan. Namun, sebelum membeli water heater yang irit listrik, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

1. Kualitas Water Heater

Pastikan untuk memilih water heater yang berkualitas baik, karena water heater yang berkualitas rendah akan menghasilkan efisiensi penggunaan listrik yang buruk. Sebaiknya, pilih water heater dari merek yang terpercaya dan memiliki sertifikat keamanan dan kualitas yang jelas.

2. Jenis Water Heater

Terdapat dua jenis water heater yang umum digunakan, yaitu water heater dengan tangki dan water heater tanpa tangki. Water heater dengan tangki lebih hemat listrik jika digunakan dalam waktu yang lama, namun lebih boros jika hanya digunakan untuk waktu yang singkat. Sedangkan water heater tanpa tangki lebih hemat listrik jika hanya digunakan untuk waktu yang singkat, namun lebih boros jika digunakan dalam waktu yang lama.

Baca Juga   Minum Air Hangat Saat Batuk Berdahak

3. Harga Water Heater

Harga water heater yang irit listrik biasanya lebih mahal daripada water heater konvensional. Namun, investasi dalam water heater yang irit listrik dapat memberikan keuntungan jangka panjang dalam penghematan tagihan listrik bulanan.

4. Garansi Water Heater

Pastikan untuk memilih water heater yang dilengkapi dengan garansi, karena hal ini akan membantu Anda jika terjadi kerusakan pada water heater dalam waktu tertentu.

Ketika memilih water heater yang irit listrik, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor di atas agar dapat memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Kesimpulan

Water heater yang irit listrik dapat membantu menghemat penggunaan listrik dan mengurangi tagihan listrik bulanan. Dengan menggunakan teknik penghematan yang tepat dan mempertimbangkan beberapa hal penting dalam memilih water heater, kamu dapat memiliki water heater yang hemat listrik dan ramah lingkungan.

Dengan menerapkan tips dan melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat menghemat penggunaan listrik dan membantu menjaga lingkungan sekitar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top