Water Heater Anti Karat Bikin Water Heatermu Tetap Awet

Water Heater Anti Karat – Saat ini, air panas menjadi salah satu kebutuhan penting dalam rumah tangga. Kehadiran water heater memudahkan kita dalam mendapatkan air panas setiap saat tanpa harus menyalakan kompor dan memasak air terlebih dahulu. Namun, pemilihan water heater yang tepat menjadi hal penting untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berbicara tentang optimal, adanya karat pada water heater dapat mengganggu kinerja dan mengurangi masa pemakaiannya, lho. Tentunya kamu tidak ingin, kan, water heatermu cepat rusak. Oleh karena itu, simak artikel berikut membahas tentang water heater anti karat dan keuntungan dari menggunakan water heater ini.

Penyebab Water Heater Berkarat

air dengan kadar garam yang tinggi

Water heater anti karat adalah jenis water heater yang dilengkapi dengan teknologi untuk mencegah terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas. Karat merupakan hasil reaksi antara besi dengan oksigen dan air, yang terjadi ketika material tersebut terpapar air dan oksigen dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan terus menerus, karat dapat mengurangi masa pemakaian tangki pemanas dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada water heater.

Berikut adalah penyebab karat pada water heater meliputi :

1. Kandungan Kadar Garam yang Tinggi

Air dengan kadar garam yang tinggi dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding tangki pemanas water heater. Oleh karena itu, hindari penggunaan air dengan kadar garam yang tinggi atau gunakan water softener untuk mengurangi kadar garam pada air.

2. Penggunaan Air dengan Kandungan Zat Besi Tinggi

Air dengan kandungan zat besi tinggi juga dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding tangki pemanas water heater. Sebaiknya hindari penggunaan air dengan kandungan zat besi yang tinggi atau gunakan sistem penyaringan air yang sesuai untuk mengurangi kadar zat besi pada air.

3. Penggunaan Sabun atau Deterjen yang Berlebihan

Sabun atau deterjen yang berlebihan pada air dapat menyebabkan terbentuknya lapisan pada dinding dalam tangki pemanas water heater. Lapisan ini dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas.

Baca Juga   9 Manfaat Terapi Air Hangat

4. Kondisi Anode Rod yang Rusak atau Aus

Anode rod pada water heater berfungsi sebagai pelindung tambahan dari karat pada dinding dalam tangki pemanas. Jika anode rod telah rusak atau aus, maka pelindungan tersebut tidak akan berfungsi dengan baik sehingga dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas.

5. Pemasangan Water Heater yang Tidak Tepat

Pemasangan water heater yang tidak tepat ternyata dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada pipa air maupun tangki pemanas. Kerusakan tersebut dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas.

6. Paparan Air Lembab atau Lingkungan yang Tidak Tepat

Paparan air lembab atau lingkungan yang tidak tepat seperti suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas water heater.

Dengan mengetahui penyebab terbentuknya karat pada water heater, kamu dapat melakukan tindakan pencegahan untuk menjaga keawetan water heater. Pastikan untuk merawat dan membersihkan water heater secara rutin serta menghindari faktor-faktor yang dapat mempercepat terbentuknya karat pada water heater anti karat.

Tips Merawat Water Heater Agar Tidak Berkarat

pengecekan secara berkala

Berikut adalah beberapa tips cara merawat water heater agar tetap awet dan tidak berkarat :

1. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap water heater anti karat. Pastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran pada pipa air maupun pada tangki pemanas.

2. Bersihkan Karat pada Anode Rode

Jika water heater dilengkapi dengan anode rode, bersihkan karat yang terbentuk pada anode rode tersebut secara berkala. Karat pada anode rode dapat menyebabkan kerusakan pada water heater jika dibiarkan terus menerus.

3. Bersihkan Debu dan Kotoran

Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada water heater secara rutin. Debu dan kotoran dapat menghambat sirkulasi udara yang mengalir pada water heater dan dapat mengakibatkan water heater menjadi overheat.

Baca Juga   Mandi Air Hangat Bisa Memutihkan Kulit

4. Gunakan Bahan Kimia Anti Karat

Gunakan bahan kimia anti karat yang dianjurkan oleh produsen water heater. Bahan kimia anti karat dapat membantu mencegah terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas.

5. Hindari Menggunakan Air dengan Kadar Garam Tinggi

Air dengan kadar garam yang tinggi dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas. Hindari penggunaan air dengan kadar garam yang tinggi atau gunakan water softener untuk mengurangi kadar garam pada air.

6. Hindari Menggunakan Sabun yang Berlebihan

Air yang bercampur dengan terlalu banyak sabun dapat mempercepat terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas. Hindari menggunakan sabun yang berlebih dan pastikan sabun tercampur sempurna pada air sebelum digunakan.

7. Periksa Kondisi Anode Rod

Pastikan kondisi anode rod pada water heater masih bagus dan belum aus. Anode rod berfungsi sebagai pelindung tambahan dari karat pada dinding dalam tangki pemanas. Jika anode rod telah aus, segera ganti dengan yang baru untuk menjaga keawetan water heater.

8. Pasang Water Softener

Jika air yang digunakan memiliki kadar garam yang tinggi, pasang water softener untuk mengurangi kadar garam pada air. Penggunaan water softener dapat membantu memperpanjang masa pemakaian water heater.

Melakukan tips-tips di atas secara rutin dapat menjaga water heater kamu tetap awet dan tidak berkarat. Selain itu, perhatikan juga petunjuk pemakaian dan perawatan yang diberikan oleh produsen water heater yang kamu beli.

Keuntungan Menggunakan Water Heater Anti Karat

Selain merawat water heater, kamu juga bisa menggunakan water heater yang telah dilapisi anti karat sebagai perlindungan terhadap korosi. Berikut ini adalah keuntungan ketika menggunakan water heater anti karat :

Baca Juga   Water Heater Gas Cara Pasang dan Harga

1. Lebih Tahan Lama

Dibuat dengan teknologi anti karat pada tangki pemanas, water heater ini memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan water heater biasa sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran untuk membeli water heater baru.

2. Lebih Efisien

Water heater anti karat memiliki efisiensi yang lebih baik dalam menghasilkan air panas. Dengan teknologi yang lebih canggih, water heater ini dapat menghasilkan air panas dengan cepat dan lebih hemat energi. Hal ini tentu saja akan menghemat pengeluaran listrik atau gas.

3. Lebih Higienis

Karat pada dinding dalam tangki pemanas dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman. Karena menggunakan teknologi anti karat pada tangki pemanas, maka dapat meminimalisir karat pada tangki sehingga kebersihan dan kehigienisan air yang dihasilkan tetap terjaga.

4. Lebih Aman

Rupanya, karat pada dinding dalam tangki pemanas dapat menjadi penyebab kebocoran pada water heater. Untuk mencegah terbentuknya karat pada dinding dalam tangki pemanas, water heater anti karat dilapisi dengan bahan yang tahan terhadap karat, seperti enamel. Selain itu, beberapa jenis water heater anti karat juga dilengkapi dengan anode rod yang berfungsi sebagai pelindung tambahan dari karat sehingga lebih aman digunakan.

Kesimpulan

Merawat water heater secara rutin merupakan hal wajib untuk menjaga water heater tetap berfungsi secara optimal. Adanya karat pada water heater dapat mempengaruhi efsiensi energi dan kinerja. Oleh sebab itu, gunakanlah water heater anti karat yang dilapisi ekstra perlindungan terhadap korosi serta jangan lupa untuk terapkan tips-tips di atas agar water heater tetap berfungsi dengan baik dan awet.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top