Air Hangat Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan

Manfaat Air Hangat dalam Meredakan Sakit Tenggorokan dan Efek Minum Air Dingin

Sakit tenggorokan merupakan keluhan yang dialami oleh banyak orang. Tenggorokan yang terasa nyeri, kering, atau terasa terbakar dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita merasa tidak nyaman. Dalam upaya bisa meredakan sakit tenggorokan, salah satu cara yang sering direkomendasikan adalah minum air hangat. Namun, masih ada perdebatan mengenai apakah air hangat benar-benar efektif ataukah minum air dingin juga bisa membantu. Artikel ini akan membahas manfaat air hangat bisa meredakan sakit tenggorokan.

Air Hangat versus Air Dingin untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

air hangat dan air dingin

Sakit tenggorokan sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, yang dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Namun, sebaiknya minum air hangat atau dingin, ya, ketika sakit tenggorokan? Jika kamu ragu ingin minum es atau air dingin, hal-hal berikut ini dapat kamu pertimbangkan.

Air Hangat

Minum air hangat memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, diantaranya :

1. Meredakan Peradangan

Air hangat memiliki sifat meredakan peradangan dan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan iritasi pada tenggorokan yang terinfeksi atau meradang.

2. Mencegah Tenggorokan Kering

Air hangat membantu melembapkan tenggorokan yang kering dan mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin timbul akibat infeksi atau radang tenggorokan.

3. Melonggarkan Lendir

Minum air hangat dapat membantu melonggarkan lendir yang terjebak di tenggorokan, sehingga memudahkan dalam membersihkan dan mengurangi batuk.

Air Dingin

Minum air dingin saat radang tenggorokan juga dapat memberikan beberapa manfaat :

1. Mengurangi Rasa Sakit

Suhu dingin dari air dapat memberikan efek anestesi sementara pada tenggorokan yang meradang, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

2. Efek Segar

Air dingin dapat memberikan sensasi menyegarkan yang dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Baca Juga   Air Hangat untuk Tenggorokan Kering

Namun, perlu diingat bahwa minum air dingin juga memiliki beberapa efek negatif yang perlu dipertimbangkan, diantaranya :

3. Memperburuk Peradangan

Air dingin dapat memperburuk peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan yang sudah teriritasi, sehingga dapat meningkatkan rasa sakit dan memperpanjang proses penyembuhan.

4. Mengiritasi Tenggorokan

Air dingin dapat mengiritasi tenggorokan yang sedang bermasalah, terutama jika tenggorokan Anda sudah kering atau terlalu sensitif.

Manfaat Minum Air Hangat dalam Meredakan Sakit Tenggorokan

minum air hangat saat sakit tenggorokan

Selain meredakan sakit tenggorokan, minum air hangat juga memiliki efek positif lainnya terhadap tubuh :

1. Meredakan Rasa Nyeri

Air hangat dapat memberikan efek analgesik atau pereda nyeri pada tenggorokan yang sakit. Suhu hangat air dapat memberikan sensasi nyaman dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit tenggorokan.

2. Mengurangi Pembengkakan

Air hangat juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada jaringan tenggorokan yang terkena peradangan. Ini dapat membantu mengurangi rasa tercekik dan memberikan ruang lebih untuk pernapasan yang nyaman.

3. Melunakkan Lendir

Minum air hangat dapat merangsang produksi lendir dan membantu melunakkan lendir yang mungkin terperangkap di tenggorokan. Hal ini membantu dalam membersihkan tenggorokan dan memudahkan proses pengeluaran lendir.

4. Membantu Mengurangi Batuk

Sakit tenggorokan seringkali disertai dengan batuk yang mengganggu. Minum air hangat dapat membantu mengurangi batuk yang terjadi karena iritasi pada tenggorokan, sehingga memberikan rasa lega dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Melembapkan Tenggorokan

Air hangat dapat memberikan kelembapan pada tenggorokan yang kering dan iritasi, sehingga mengurangi rasa tidak nyaman.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minum air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mempercepat proses penyembuhan pada area yang terinfeksi atau teriritasi.

7. Melancarkan Pencernaan

Air hangat membantu melancarkan proses pencernaan dan mempercepat pergerakan makanan dalam saluran pencernaan.

Baca Juga   Air Hangat saat Haid: Manfaat dan Rahasia

Tanda Radang Tenggorokan akan Sembuh

Tanda-tanda bahwa radang tenggorokan mulai membaik setelah minum air hangat antara lain:

1. Penurunan Gejala

Gejala radang tenggorokan seperti nyeri, peradangan, atau rasa tidak nyaman pada tenggorokan mulai berkurang secara bertahap. Sedikit demi sedikit, rasa sakit di tenggorokan ketika menelan atau berbicara akan berkurang.

2. Hilangnya Demam

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi, demam yang mungkin muncul sebagai gejala awal akan mulai mereda. Kemudian, tubuh akan kembali ke suhu normal.

3. Berkurangnya Batuk

Jika kamu mengalami batuk sebagai gejala radang tenggorokan, batuk akan mulai berkurang dan menjadi lebih jarang terjadi. Lendir yang dihasilkan oleh tenggorokan juga berkurang.

4. Kembalinya Energi

Ketika radang tenggorokan semakin membaik, kamu akan merasakan peningkatan energi dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa terlalu lelah atau lemah.

5. Nafsu Makan Meningkat

Selama radang tenggorokan, nafsu makan mungkin menurun karena nyeri dan ketidaknyamanan saat menelan makanan. Ketika kondisi semakin membaik, nafsu makan akan meningkat kembali dan kamu akan makan dengan lebih nyaman.

Amandel, Minum Air Hangat atau Dingin?

Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh amandel. Namun, dalam kasus ini, minum air hangat atau dingin tidak memiliki efek langsung terhadap penyembuhan amandel. Jangan lupa untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan mengikuti anjuran dokter terkait pengobatan yang diperlukan.

Bolehkah Minum Air Kelapa saat Radang Tenggorokan?

Air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat membantu menjaga hidrasi dan menggantikan mineral yang hilang akibat radang tenggorokan. Minum air kelapa dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat tambahan dalam proses penyembuhan.

Tenggorokan Sakit karena Minum Air Panas

Minum air panas dalam suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan luka bakar pada tenggorokan dan memperparah rasa sakit yang dirasakan. Pastikan suhu air yang diminum pas dan tidak terlalu panas.

Baca Juga   Mandi Air Hangat Kulit Kering: Manfaat Luar Biasa

Efek Minum Air Dingin Ketika Radang Tenggorokan

air es

Meskipun air hangat umumnya lebih disarankan untuk meredakan sakit tenggorokan, terdapat kepercayaan yang menyatakan bahwa air dingin juga dapat memberikan manfaat. Namun, minum air dingin saat tenggorokan sedang bermasalah seperti radang tenggorokan dapat memiliki efek yang berbeda. Berikut adalah efek yang ditimbulkan ketika minum air dingin saat radang tenggorokan :

1. Memperparah Peradangan

Air dingin dapat memperparah peradangan pada tenggorokan yang sudah teriritasi. Suhu dingin dapat mengakibatkan pembuluh darah mengecil dan meningkatkan rasa nyeri serta pembengkakan pada area yang terkena.

2. Mengiritasi Tenggorokan

Minum air dingin juga dapat menyebabkan iritasi tambahan pada tenggorokan yang sensitif. Hal ini dapat memperpanjang waktu penyembuhan dan membuat gejala semakin tidak nyaman.

Mitos mengenai minum air dingin sebagai cara untuk meredakan sakit tenggorokan mungkin berasal dari persepsi bahwa sensasi dingin dapat memberikan efek penyegaran sementara. Namun, dalam jangka panjang, minum air dingin tidak dianggap sebagai solusi yang efektif dalam meredakan sakit tenggorokan.

Kesimpulan

Air hangat memiliki manfaat yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Minum air hangat dapat meredakan rasa nyeri, mengurangi pembengkakan, melancarkan keluarnya lendir, dan membantu mengurangi batuk. Sebaliknya, minum air dingin dapat memperburuk peradangan dan mengiritasi tenggorokan. Selain itu, air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu menjaga hidrasi dan mempercepat proses penyembuhan pada radang tenggorokan. Dalam mengatasi sakit tenggorokan, konsultasikan dengan dokter jika gejala yang dirasakan tidak kunjung membaik atau semakin parah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top