Inilah Cara Memperbaiki Water Heater Listrik yang Tidak Panas

Punya masalah tentang water heater listrik yang tidak mengeluarkan air panas dan bingung mau memperbaiki dari mana?

Water heater atau pemanas air listrik adalah perangkat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat cuaca dingin atau ingin mandi dengan air hangat. Tetapi, water heater listrik bisa mengalami masalah tidak mengeluarkan air panas.

Apabila kamu mengalaminya, kamu bisa mencoba cara berikut untuk memperbaiki water heater listrik yang tidak panas. Selain itu, artikel ini juga akan membahas beberapa masalah terkait dan memberikan solusi yang mungkin diperlukan.

Penyebab Water Heater Ariston Tidak Panas

kenapa water heater Ariston tidak panas

Kenapa water heater Ariston tidak panas? Water heater Ariston yang tidak menghasilkan air panas bisa disebabkan oleh beberapa alasan yang berbeda. Untuk mengidentifikasi penyebabnya dan memperbaiki masalahnya, kamu perlu melakukan beberapa pemeriksaan. Berikut beberapa kemungkinan penyebab mengapa water heater Ariston tidak panas :

1. Sumber Daya Listrik

Pastikan water heater telah terhubung ke sumber listrik yang memadai dan ada daya listrik yang mencukupi untuk mengoperasikannya. Periksa sakelar dan pastikan tidak ada masalah dengan pemutus arus atau trip circuit breaker.

2. Thermostat

Terkadang, masalah dengan thermostat dapat menyebabkan water heater tidak menghasilkan air panas. Periksa pengaturan suhu thermostat pada water heater. Jika terlalu rendah, tingkatkan suhu thermostat tersebut dan tunggu beberapa waktu untuk melihat apakah air panas mulai keluar.

3. Elemen Pemanas

Water heater Ariston memiliki elemen pemanas yang berfungsi memanaskan air. Elemen ini bisa rusak atau aus seiring waktu. Kamu bisa memeriksa elemen pemanas untuk melihat apakah ada tanda-tanda kerusakan, seperti terbakar atau berkarat.

4. Sakelar atau Kontrol Pemanas

Sakelar atau kontrol pemanas pada water heater dapat mengalami kerusakan. Pastikan sakelar dalam keadaan baik dan berfungsi dengan benar.

5. Sirkulasi Air

Beberapa model water heater memerlukan aliran udara yang baik untuk berfungsi dengan optimal. Pastikan tidak ada hambatan atau penyumbatan yang mengganggu sirkulasi udara.

Baca Juga   Water Heater Tidak Keluar Air Panas

6. Korosi

Akumulasi korosi di dalam tangki water heater dapat menghambat pemanasan air. Membersihkan tangki secara teratur dapat membantu menghindari masalah ini.

7. Kebocoran Pipa

Jika terjadi kebocoran pada pipa air panas atau pipa sirkulasi, hal ini dapat mengurangi tekanan air yang masuk ke water heater dan mengakibatkan air tidak panas. Periksa pipa-pipa untuk kebocoran dan perbaiki jika diperlukan.

8. Umur Water Heater

Semakin ‘tua’ water heater, semakin besar kemungkinan komponennya mengalami kerusakan atau aus. Jika water heater Ariston sudah sangat tua, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Pemanas Air Listrik

cara memperbaiki pemanas air listrik

Untuk memperbaiki water heater listrik yang tidak panas, ikuti langkah-langkah berikut ini. Di antara langkah-langkah tersebut, adalah :

1. Periksa Sumber Listrik

Langkah pertama adalah memeriksa sumber daya (listrik). Pastikan water heater terhubung ke sumber daya yang tepat dan kabelnya tidak rusak. Selain itu, periksa apakah pemutus daya atau saklar water heater dalam posisi ON. Jika saklar dalam posisi OFF, cobalah mengaktifkannya untuk melihat apakah masalah terselesaikan.

Selain itu, periksa sirkuit listrik di rumah kamu. Pastikan tidak ada masalah pada sirkuit yang mengganggu aliran listrik menuju water heater. Kamu dapat memeriksa pemutus sirkuit atau sekering yang terhubung ke water heater.

2. Periksa Elemen Pemanas

Elemen pemanas adalah salah satu bagian dari water heater listrik. Jika air tidak panas, kemungkinan ada masalah dengan elemen pemanas. Untuk memperbaikinya, pertama-tama, matikan sumber listrik ke water heater. Setelah itu, gunakan multimeter untuk melihat apakah terdapat kerusakan atau putusnya elemen. Jika elemen pemanas rusak, kamu harus membeli yang baru. Kamu bisa mendapatkan komponen pemanas tersebut bisa kamu dapatkan dari toko peralatan rumah terdekat atau menghubungi teknisi untuk membantu menggantinya.

Baca Juga   Manfaat Air Hangat Sebelum Olahraga

3. Periksa Thermostat

Thermostat adalah komponen lain yang dapat mempengaruhi suhu air yang dihasilkan oleh water heater. Jika thermostat tidak berfungsi dengan baik, air yang dihasilkan bisa menjadi tidak panas atau bahkan terlalu panas. Periksa pengaturan suhu thermostat dan pastikan sudah diatur pada suhu yang diinginkan. Jika sudah diatur dengan benar namun air masih tidak panas, kamu perlu memeriksa thermostat secara fisik.

Tips

Sebelum memeriksa thermostat, pastikan kabel water heater sudah tidak terhubung ke sumber daya (listrik). Lalu, lepaskan penutup thermostat dan periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti kontak yang terbakar atau konsleting. Jika terdapat kerusakan, maka kamu perlu mengganti thermostat dengan yang baru. Akan tetapi, jika tidak terlihat tanda-tanda kerusakan, mungkin masalahnya terletak pada komponen lain seperti sakelar atau elemen pemanas.

4. Periksa Saluran Air

Saluran air yang tersumbat juga menjadi penyebab water heater tidak menghasilkan air panas. Untuk mengatasinya, periksa saluran air masuk (in) dan keluar (out) water heater. Pastikan tidak ada kotoran, kerak, atau endapan mineral, yang menyumbat, yang dapat menghambat aliran air. Jika ada penyumbatan, bersihkanlah saluran air dengan hati-hati menggunakan sikat atau bahan pembersih yang direkomendasikan oleh merk water heater tersebut.

5. Bersihkan Tangki Air

Tangki air dalam water heater dapat terakumulasi dengan endapan mineral dari air, yang dapat menghambat pemanasan air. Bersihkan tangki air secara teratur dengan mengikuti petunjuk pembersihan yang disediakan oleh produsen.

Lampu Indikator Water Heater Listrik Tidak Menyala

periksa thermostat saat lampu indikator water heater listrik tidak menyala

Salah satu masalah umum yang sering terjadi dengan elektrik water heater adalah lampu indikatornya yang tidak menyala. Hal ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan sumber daya listrik atau komponen internal water heater. Berikut adalah langkah-langkah memperbaikinya yang dapat kamu coba :

Baca Juga   Air Hangat untuk Hipertensi: Solusi Efektif

1. Periksa Sumber Listrik

Pastikan water heater terhubung ke sumber listrik yang tepat. Periksa sakelar listrik untuk memastikan tidak ada masalah dengan pemutus arus atau trip circuit breaker.

2. Tinjau Kabel Daya

Periksa dan pastikan tidak ada kabel water heater yang putus atau terkelupas. Segera ganti dengan kabel yang baru dan pastikan untuk mengikuti petunjuk pemasangan yang tepat.

3. Periksa Thermostat

Water heater listrik dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi untuk mengontrol suhu air. Pastikan thermostat berfungsi dengan baik. Apabila perlu diganti, ganti thermostat dengan yang baru.

4. Hubungi Teknisi

Setelah melakukan langkah-langkah di atas namun masalah belum teratasi, sebaiknya hubungi teknisi terpercaya untuk memeriksa dan memperbaiki water heater tersebut.

Kesimpulan

Sangat penting untuk menemukan dan menyelesaikan masalah saat memperbaiki water heater listrik yang tidak menghasilkan air panas. Pertama, pastikan sumber daya listrik terhubung dengan baik dan tidak ada masalah dengan sakelar atau pemutus arus. Selanjutnya, periksa elemen pemanas dan thermostat untuk memastikan keduanya berfungsi dengan baik. Suhu thermostat yang terlalu rendah dapat menyebabkan air tidak panas, jadi periksa dan sesuaikan suhu jika perlu. Terakhir, lakukan pemeliharaan preventif secara teratur untuk menghindari endapan mineral dan korosi yang dapat mengganggu kinerja water heater.

Setelah mencoba langkah-langkah di atas, namun belum teratasi juga, sebaiknya hubungi teknisi atau layanan pelanggan. Para teknisi akan melakukan pemeriksaan mendalam dan memperbaiki dengan aman. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir terhadap risiko yang mungkin terjadi ketika memperbaikinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo tentukan jadwal servis water heater kamu bersama kami. Hubungi kami di sini dan tunggu teknisi kami datang langsung ke rumahmu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top