7 Manfaat Air Hangat Lemon dan Madu

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah lemon memiliki banyak kandungan vitamin C dan senyawa kandungan lain seperti magnesium, kalsium, pektin, bioflavonoid, dan limonin yang membantu menjaga kekebalan tubuh dan menjadi anti inveksi. Selain menjaga kekebalan tubuh lemon juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama jika mencampurkanya dengan madu dan air hangat.

Mengonsumsi lemon biasanya lebih nikmat jika  mencampurya dengan madu dan air hangat, menikmati minuman ini lebih cocok jika cuaca sedang dingin. Jika mencampur lemon dengan madu, maka manfaat yang terkandung akan jauh lebih banyak sebab madu mengandung banyak vitamin dan mineral. Jika kamu masih bingung apa aja sih manfaat air hangat lemon dan madu, simak artikel berikut untuk mengetahui apa aja sih manfaat yang dihasilkan bagi tubuh.

Manfaat Lemon Campur Madu dan Air Hangat, Apa Aja Sih?

Manfaat Lemon Campur Madu dan Air Hangat, Apa Aja Sih_

Jika kamu tidak terbiasa minum lemon mungkin akan merasa sangat tidak nyaman dengan rasa asam yang terdapat pada buah tersebut. Biasanya, orang-orang yang tidak kuat akan rasa asam akan menambahkan madu pada minuman lemon untuk menetralkan rasa asam menjadi lebih baik. Namun, yang harus kamu ketahui adalah walaupun terasa asam minum lemon memiliki banyak manfaat loh. Berikut ini manfaat air lemon untuk tubuh yang bisa kamu simak:

1. Mencegah Infeksi

Meminum air hangat campur madu dan air hangat secara rutin ternyata dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus seperti sakit tenggorokan, panas dalam, batuk, dan gangguan kesehatan lainya.

2. Meningkatkan Imun Pada Tubuh

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa meminum air hangat lemon dan madu dapat mencegah virus penyakit dan infeksi. Selain itu, lemon juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga   Manfaat Air Jeruk Nipis Hangat untuk Diet

Sedangkan madu dikenal sebagai antibakteri yang kuat untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan menjaga imun.

3. Mengatasi Flu dan Batuk

Langkah pengobatan alami yang bisa kita lakukan ketika terkena flu dan batuk adalah dengan meminum air jeruk lemon yang dicampurkan ke dalam teh dan diberi madu. Ramuan ini sangat cepat mengatasi dahak pada tenggorokan saat terkena batuk dan melancarkannya kembali.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Lemon dan madu memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Setelah minum lemon dan madu, kamu juga akan merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan supaya berat badan tidak bertambah.

5. Memperbaiki Pencernaan

Minuman hangat dari lemon dan madu membantu proses pembersihan pada sistem pencernaan dan membantu merangsang gerakan usus. Dalam hal ini lemon dan madu dapat membantu mengurangi masalah pada pencernaan seperti sembelit dan perut kembung.

6. Membantu Merawat Kulit

Dari kedua bahan ini terdapat kandungan antioksidan yang membantu melawan kerusakan pada kulit akibat radikal bebas. Lemon juga memiliki khasiat menyamarkan bintik hitam dan noda pada kulit.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Pada air lemon terdapat kalium yang dapat membantu mengontrol peredaran darah. Hal ini menjadi hal yang berguna jika kamu yang mengalami hipertensi alias darah tinggi. Namun dengan catatan, alternatif ini hanya sekedar membantu bukan berarti menyembuhkan jadi kamu yang memiliki gangguan hipertensi harus tetap konsultasi dengan dokter.

Efek Samping Meminum Air Hangat Lemon dan Madu

Cara Membuat Air Lemon Madu Hangat

Selain memiliki manfaat bagi tubuh, meminum air lemon juga memiliki efek samping jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Supaya mendapatkan manfaat yang efektif, sebaiknya mengikuti aturan dosis dokter. Ini dia efek samping jika terlalu banyak minum air lemon:

Baca Juga   Manfaat Kompres Air Hangat untuk Jerawat

1. Menyebabkan Kerusakan pada Gigi

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki rasa asam yang begitu dominan. Saat seseorang meminum air lemon secara berlebihan dan tidak teratur, maka akan mengalami hipersensitivitas dentin dan kerusakan pada gigi karena disebabkan rasa asam yang terdapat pada lemon.

Supaya memperlambat proses rusaknya gigi, kamu bisa menggunakan sedotan pada saat meminumnya. Sedotan berfungsi agar gigi terhindar dari paparan langsung air lemon, selain itu kita juga jangan menggosok gigi terlebih dahulu setelah meminum air lemon dan minumlah air putih yang banyak setelah meminum air lemon untuk menetralisir rasa asam.

2. Menyebabkan Migrain

Bagi sebagian orang meminum lemon dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Hal ini terjadi karena pada lemon menghasilkan tyramine, monoamine alami dapat menyebabkan sakit kepala. Jika kamu yang mengalami sakit kepala ekstrim, disarankan tidak meminum air lemon secara berlebihan. Walaupun belum ada penelitian yang menunjukan bahwa meminum air lemon dapat menyebabkan migrain, namun para ahli mengaitkan lemon dengan sakit kepala.

3. Dapat Memperparah Masalah Pada Lambung

Meminum air lemon memang dapat memperbaiki sistem pencernaan, namun hal itu jika dilakukan dengan cara yang teratur. Jika kamu minum secara berlebihan itu akan membuat sistem pencernaan terganggu apalagi jika kamu memiliki masalah pada sistem pencernaan seperti gastroesophageal reflux (GERD).

4. Dehidrasi

Air lemon hangat dicampur dengan madu berfungsi sebagai diuretic. Sehingga dapat meningkatkan keluarnya urin secara berlebihan dan jika terjadi hal seperti itu akan membuatmu mengalami dehidrasi. Direkomendasikan setelah meminum air lemon minumlah air putih yang banyak untuk mencegat terjadinya dehidrasi.

Tidak hanya itu, air lemon juga akan membuang elektrolit dan natrium melalui urin yang dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Memperburuk Sariawan 

Sariawan merupakan salah satu bentuk masalah pada mulut. Penyebab gangguan mulut ini karena kamu kekurangan vitamin C. Lemon memiliki banyak kandungan vitamin C, namun lemon menyebabkan sariawan terasa perih saat kita meminumnya.

Baca Juga   Manfaat Air Hangat untuk Haid dan Mitos seputar Pengaruhnya pada Siklus Menstruasi

Lemon juga mengandung asam nitrat yang dapat memicu sariawan. Asam nitrat dapat memperburuk luka  pada mulut akibat sariawan.

Cara Membuat Air Lemon Madu Hangat

Bahan-Bahan

  • 1 buah lemon
  • Madu
  • Air hangat

Cara Membuatnya

  • Langkah pertama adalah iris lemon menjadi dua bagian, kemudian siapkan gelas saji dan peras lemon ke dalam gelas
  • Peras lemon kedalam gelas lalu tambahkan air hangat.
  • Jika sudah tambahkan madu lalu aduk hingga rata. Air lemon madu hangat siap kamu nikmati.

Kesimpulan

Air hangat lemon dan madu adalah minuman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik dalam menjaga pencernaan, menangkal virus, meningkatkan peredaran darah dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Dalam setiap tegukan kita menyuplai antioksidan, mineral, dan vitamin untuk tubuh.

Jadi, saat kamu meminum air lemon dan madu, ingatlah bahwa kamu tidak hanya mendapatkan kesegaran namun memberikan hadiah yang besar bagi kesehatan tubuh. Mari, kita selalu menjaga tubuh dengan cara yang sederhana namun banyak manfaat.

Dalam menjaga tubuh agar tetap sehat selain dengan meminum air lemon hangat, kamu juga dapat menjaga tubuh dengan cara yang lebih sederhana yaitu berendam dengan air hangat. Berendam dengan air hangat juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Buat kamu nih, yang ingin berendam dengan air hangat tapi malas memasak air, jangan khawatir sekarang kan ada Ariston. Alat pemanas air ini membantu anda mendapatkan air hangat dengan cara yang mudah dan simpel. Kalau kamu masih bingung, klik disini untuk kepoin tentang alat pemanas air ini. Ayo, senantiasa menjaga tubuh dari berbagai penyakit dengan cara yang sederhana dan mudah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top