Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Seringkali jerawat menjadi salah satu penyebab orang merasa tidak percaya diri. Saat ini, memang banyak produk tentang perawatan kulit di pasaran, namun solusi yang paling sederhana untuk menghilangkan jerawat terdapat di sekeliling kita, salah satunya adalah air hangat. Bagaimana air hangat bisa menghilangkan jerawat? Air hangat menjadi salah satu alternatif kecantikan sejak dulu untuk mengatasi jerawat. Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan jerawat dengan air hangat.

Mengapa Air Hangat Efektif Mengatasi Jerawat?

Mengatasi jerawat tidak selalu dengan obat dan salep. Mengatasi jerawat juga dapat dilakukan dengan mengompres wajah dengan air hangat. Mengapa demikian? Ini dia alasan air hangat dapat mengatasi jerawat:

1. Membuka Pori-Pori Pada Kulit

Air hangat dapat membantu membersihkan kotoran yang terdapat pada pori-pori kulit seperti minyak dan bakteri yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga produk perawatan yang kamu gunakan akan jauh lebih efektif masuk kedalam pori-pori.

2. Mengoptimalkan Sirkulasi Darah

Saat mencuci wajah menggunakan air hangat, peredaran darah akan meningkat, sehingga dapat membantu menyembuhkan jerawat. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan aliran darah yang lancar akan membantu penyembuhan jerawat lebih cepat karena aliran darah akan membawa nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit.

3. Memperkecil Peradangan

Pembengkakan pada jerawat menjadi salah satu penyebab kita seringkali merasa tidak percaya diri. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena hal itu bisa diatasi dengan mencuci muka menggunakan air hangat.

Cara Menggunakan Air Hangat yang Efektif untuk Jerawat

Cara Menggunakan Air Hangat yang Efektif untuk Jerawat

Buat kamu yang masih bingung gimana cara mengatasi jerawat dengan air hangat, berikut hal-hal yang bisa kamu ikuti di rumah agar mendapatkan hasil yang efektif:

Baca Juga   Air Hangat untuk Asam Lambung

1. Mencuci Wajah dengan Cara yang Lembut

Basahi wajah dengan air hangat, lalu gunakanlah pembersih wajah yang ringan dan memiliki permukaan yang halus. Gosok  lembut wajah secara merata dengan cara gerakan melingkar dan hindari dari menggosok wajah terlalu kuat agar tidak melukai jerawat dan menyebabkan iritasi.

2. Kompres Menggunakan Handuk

Rendam handuk kecil atau kain yang bersih dengan air hangat. Setelah direndam, peras handuk hingga lembab lalu letakan pada jerawat selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk membantu membuka pori-pori kulit dan mengurangi peradangan. Usahakan jangan menekan-nekan wajah dengan handuk saat mengompres.

3. Uap Wajah

Cara lain untuk mengatasi jerawat dengan  air hangat adalah menggunakan uapnya. Mengapa demikian? Uap pada air hangat membantu membuka pori-pori pada jerawat sehingga dapat membersihkan kotoran. 

Langkah pertama membuat uap air panas adalah rebus air di dalam mangkuk yang besar, kemudian letakkan wajah di atas mangkuk tersebut dan tutup kepala dengan menggunakan handuk yang besar. Dengan catatan jangan terlalu mendekatkan kepala dengan air hangat karena akan membuat kulit terasa terbakar dan menyebabkan iritasi yang berkelanjutan.

4. Bilaslah dengan Air Dingin

Setelah selesai membersihkan wajah dengan air panas usahakan bilas dengan air dingin.

Tujuan dari membilas wajah dengan air dingin adalah untuk menutup kembali pori-pori wajah dan mengencangkan kulit, sehingga mencegah kotoran dan minyak masuk kembali kedalam pori-pori wajah.

Aturan yang Harus Dihindari Saat Kompres Wajah 

Mengompres dengan air hangat memang dapat mengatasi masalah jerawat, namun hal itu jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Berikut adalah hal yang harus dihindari ketika ingin mengatasi jerawat:

Baca Juga   Manfaat Mandi Air Hangat untuk Otot

1. Jangan Gunakan Air Terlalu Panas

Tentukan suhu air yang nyaman agar tidak membuat wajah terasa terbakar karena hal itu dapat menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Suhu yang tepat adalah sekitar 35-38 derajat celcius.

2. Hindari Menggosok Terlalu Keras

Menggosok terlalu keras hanya akan menambah rasa sakit pada jerawat. Sebaiknya, saat mengompres wajah lakukan dengan lembut dan oleskan es batu untuk meredakan rasa nyeri pada jerawat.

3. Jangan Mengoleskan Pasta Gigi

Banyak yang masih percaya dengan mengoleskan pasta gigi ke wajah akan menyembuhkan jerawat. Namun, faktanya hal itu hanya akan menambah pembengkakan pada jerawat. Sebaiknya, oleskan obat atau salep yang telah direkomendasikan oleh dokter.

4. Hindari Membeli Obat di Marketplace

Obat yang dijual di marketplace belum tentu terbukti khasiatnya, sebaiknya pergilah ke dokter dan ikuti saran dari dokter .

5. Jangan Gunakan Kain yang Kasar

Kain yang memiliki permukaan kasar akan membuat kulit wajah terasa sakit ketika mengusapkan. Pakailah kain yang memiliki permukaan halus dan lembut agar tidak menyebabkan iritasi.

6. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Terkadang menyentuh wajah menjadi penyebab utama terjadinya jerawat. Kita tidak pernah sadar di tangan kita menyimpan berapa banyak bakteri dan kuman. Maka dari itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih.

Efek Samping Mengatasi Jerawat dengan Air Hangat

Cara Menggunakan Air Hangat yang Efektif untuk Jerawat

Selain berdampak positif pada kulit, ternyata mengompres wajah dengan air hangat memiliki efek samping yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan air hangat untuk mengatasi jerawat:

1. Membuat Kulit Terasa Kering

Mengompres wajah terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Maka dari itu, usahakan jangan terlalu lama saat mengompres wajah cukup 5-8 menit saja. Direkomendasikan juga setelah mengompres wajah gunakan pelembab wajah untuk mengurangi kering dan kerutan.

Baca Juga   Maintenance Solar Water Heater Tangerang 16 Oktober 2023

2. Menyebabkan Iritasi Jika Memiliki Kulit yang Sensitif

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif hindari dari mengompres wajah dengan air panas karena akan membuat kulit wajah anda menjadi iritasi. Konsultasikan ke dokter bagaimana cara membersihkan wajah yang benar ketika sedang jerawatan.

Jika kamu memiliki jerawat yang tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Sebab, dokter kulit memiliki suntikan kortikosteroid yang membantu menghilangkan jerawat dalam beberapa hari. Jangan gunakan obat yang belum terbukti manfaatnya karena belum tentu cocok di kulit kamu. Mintalah saran obat atau salep dari dokter yang cocok dengan kondisi kulit kita.

Kesimpulan

Perlu diketahui juga mengompres wajah dengan air hangat sejatinya hanya untuk meredakan bukan untuk pengobatan. Jadi, untuk kamu yang sudah mencoba mengompres jerawat wajah menggunakan air hangat namun masih saja sama tidak ngefek, harus segera periksa dan konsultasi ke dokter kulit. 

Apabila kamu gemar sekali mengompres dan berendam dengan air hangat pasti kadang mengalami yang namanya mager untuk memanaskan air? Tenang aja, kamu tidak perlu khawatir, sekarang ada alat pemanas air yang mudah dan praktis dalam penggunaanya. Alat ini menggunakan tenaga yang dihasilkan dari panas matahari, tenaga listrik maupun tenaga gas. 

Jika kamu masih bingung tentang alat pemanas air dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang alat ini, klik disini. Ayo, segera pasang alat pemanas dan rasakan kemudahan dalam memanaskan air. Ingat, kesehatan hidup kamu itu berada di tanganmu sendiri, jadi jangan biarkan hidupmu dibayangi dengan keribetan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top