Solar Water Heater adalah?

Dalam era modern yang semakin sadar akan lingkungan, teknologi ramah lingkungan menjadi semakin populer. Salah satu teknologi yang sedang naik daun adalah solar water heater. Artikel ini akan membahas bagaimana cara kerja, berapa harga yang perlu kamu siapkan, serta merekomendasikan merek terbaik, termasuk merk Ariston.

 

Cara Kerja Solar Water Heater

 

Solar water heater adalah sistem pemanas air yang memanfaatkan energi matahari untuk menghangatkan air. Selain itu, cara kerjanya juga cukup sederhana. Sistem ini terdiri dari dua komponen utama: panel surya dan juga tangki penyimpanan. Panel surya terpasang di atap atau tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Ketika matahari bersinar, panel surya menyerap panas dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Oleh karena itu, energi panas inilah yang kemudian kamu gunakan untuk menghangatkan air dalam tangki penyimpanan.

Tangki penyimpanan adalah tempat di mana air dingin disuplai dan dipanaskan oleh energi panas dari panel surya. Ketika air panas terbentuk, kamu dapat menggunakannya untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci piring, dan lainnya. Selain itu, water heater ini memiliki berbagai jenis, seperti kapasitas 300 liter, yang dapat menyimpan banyak air untuk kamu gunakan sepanjang hari.

Selain itu, solar water heater memiliki banyak sekali keuntungan dan juga manfaat seperti berikut:

  • Solar water heater adalah sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan yang dapat mengurangi emisi karbon.
  • Menghemat uang dalam jangka panjang, karena energi matahari sebagai sumber energi gratis.
  • Air panas tersedia dalam jumlah yang cukup besar, terutama jika kamu memiliki sistem dengan kapasitas besar seperti solar water heater 300 liter.
  • Menurunkan tagihan energi dan mengurangi dampak lingkungan kamu.

 

Harga Solar Water Heater

 

Harga solar water heater bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk merk, kapasitas, tipe sistem, dan juga wilayah geografis. Berikut ini adalah perkiraan harganya berdasarkan beberapa faktor tersebut:

1. Kapasitas

Kapasitas tangki penyimpanan air adalah faktor utama yang mempengaruhi harga. Semakin besar kapasitasnya, semakin tinggi harganya.

2. Tipe Sistem

Ada beberapa tipe sistem solar water heater, termasuk sistem aliran bebas dan sistem tekanan. Selain itu, sistem tekanan ini biasanya lebih mahal daripada sistem aliran bebas karena memiliki kemampuan tekanan air yang lebih baik. Harga berkisar antara 10 juta hingga 20 juta rupiah tergantung pada tipe sistem yang kamu pilih.

Baca Juga   Cara Kerja Solar Water Heater

3. Merek

Harga juga bervariasi berdasarkan merek. Merek terkenal dan berkualitas tinggi mungkin memiliki harga yang lebih tinggi. Merek-merek seperti Ariston seringkali memiliki harga yang lebih tinggi karena kualitasnya yang sudah terpercaya dibandingkan merek yang kurang dikenal.

4. Lokasi Geografis

Harga solar water heater dapat bervariasi berdasarkan wilayah geografis. Selain itu, biaya instalasi dan juga perizinan mungkin lebih tinggi di beberapa wilayah daripada yang lain.

5. Spesifikasi Tambahan

Beberapa model solar water heater dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan, seperti kontrol suhu digital, bahan tangki yang tahan korosi, atau teknologi pemanas yang lebih efisien. Spesifikasi tambahan ini dapat memengaruhi harga.

6. Biaya Instalasi

Biaya instalasi solar water heater tidak selalu termasuk dalam harga unit itu sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan biaya instalasi, termasuk biaya pemasangan pipa dan juga perlengkapan tambahan.

 

Solar Water Heater Terbaik Ariston

solar water heater ariston

Jika kamu mencari merek terbaik untuk solar water heater, Ariston adalah salah satu pilihan yang sangat baik. Ariston adalah produsen terkenal yang telah lama berkecimpung dalam industri pemanas air. Selain itu, mereka juga memiliki reputasi yang kuat dalam hal kualitas dan keandalan produk mereka.

Ariston menawarkan berbagai jenis dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Mereka menggunakan teknologi terkini untuk memaksimalkan efisiensi energi dan kinerja. Selain itu, investasi dalam solar water heater Ariston dapat memberikan kepuasan jangka panjang dan juga mengurangi biaya energi kamu.

Harga untuk merk Ariston dapat bervariasi mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. Di bawah ini adalah perkiraan harga untuk beberapa tipe solar water heater Ariston yang umum:

1. Ariston 100 Liter

Harga awal sekitar 5 juta hingga 8 juta rupiah, tergantung pada spesifikasi tambahan.

2. Ariston 200 Liter

Harga berkisar antara 8 juta hingga 12 juta rupiah.

3. Ariston 300 Liter

Kapasitas besar ini bisa mencapai harga lebih dari 15 juta rupiah.

Perlu kamu ingat bahwa harga dapat bervariasi berdasarkan toko atau penyedia layanan, dan kadang-kadang kamu dapat menemukan penawaran khusus atau diskon. Selain itu, biaya instalasi tidak termasuk dalam harga unit water heater ini dan perlu diperhitungkan sebagai biaya tambahan.

Baca Juga   Water Heater Listrik Instant: Inovasi Terbaru

 

Skema Solar Water Heater

 

Skema adalah tata letak atau diagram instalasi yang merinci bagaimana sistem water heater ini dihubungkan dan beroperasi. Oleh karena itu, skema ini penting untuk memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik dan efisien. Di bawah ini adalah komponen utama dalam skema solar water heater beserta penjelasannya:

1. Panel Surya (Solar Collector)

Panel surya adalah komponen yang terpasang di atap atau lokasi yang menerima sinar matahari langsung. Ini terbuat dari bahan yang dapat menyerap panas dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Biasanya, panel surya terdiri dari pipa-pipa atau plat yang sudah terlapis bahan penyerap panas.

2. Cairan Pemanas (Heat Transfer Fluid)

Cairan pemanas seperti air atau campuran antifreeze mengalir melalui pipa-pipa dalam panel surya. Selain itu, cairan ini akan menyerap panas dari sinar matahari.

3. Pompa Sirkulasi (Circulation Pump)

Pompa sirkulasi digunakan untuk menggerakkan cairan pemanas dari panel surya ke tangki penyimpanan air panas. Biasanya, ini untuk memastikan bahwa cairan terus mengalir dan juga mengumpulkan panas dari panel surya.

4. Tangki Penyimpanan Air Panas (Hot Water Storage Tank)

Tangki penyimpanan air panas adalah tempat di mana air dingin disuplai dan dihangatkan oleh energi panas dari panel surya. Selain itu, air panas disimpan di sini dan siap digunakan.

5. Pemanas Bantuan (Backup Heater)

Sistem water heater ini seringkali sudah lengkap dengan pemanas bantuan, seperti pemanas listrik atau gas, yang dapat kamu gunakan jika cuaca tidak cerah atau jika kamu membutuhkan lebih banyak air panas dari yang dihasilkan oleh panel surya.

6. Katup (Valves) dan Kontroler (Controller)

Katup dan juga kontroler digunakan untuk mengatur aliran cairan pemanas, memantau suhu, dan memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik. Selain itu, kontroler juga dapat memutuskan kapan pemanas bantuan perlu diaktifkan.

7. Pemasangan Pipa dan Saluran

Pipa-pipa dan saluran air panas menghubungkan komponen-komponen dalam sistem. Selanjutnya, mereka akan membawa cairan pemanas dari panel surya ke tangki penyimpanan dan ke keran air panas di rumah kamu.

Baca Juga   Pemanas Air Tenaga Surya yang Bagus

8. Keran Air Panas di Rumah

Air panas dari tangki penyimpanan mengalir ke keran air panas di rumah kamu, sehingga kamu dapat menggunakannya untuk mandi, mencuci piring, mencuci pakaian, dan keperluan sehari-hari lainnya.

 

Solar Water Heater 300 Liter

solar water heater 300 liter

Dengan kapasitas sebesar 300 liter, kamu dapat memiliki akses terhadap air panas dalam jumlah yang cukup besar. Ini sangat ideal jika kamu memiliki keluarga yang besar atau menginginkan cadangan air panas untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci piring, dan juga mencuci pakaian. Selain itu, kapasitas yang lebih besar juga berguna jika kamu tinggal di daerah dengan cuaca yang tidak selalu cerah, karena sistem ini dapat menyimpan air panas dari hari-hari yang lebih cerah untuk kamu gunakan dan juga saat kamu butuh. Berikut adalah keuntungan dari Solar Water Heater 300 Liter

1. Pasokan Air Panas yang Kaya

Dengan kapasitas 300 liter, kamu tidak perlu khawatir tentang kekurangan air panas. Selain itu, kamu juga memiliki pasokan air yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan harian kamu.

2. Kenyamanan

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk air panas. Dengan kapasitas yang besar, kamu dapat langsung mendapatkan air panas saat kamu membutuhkannya.

3. Menghemat Energi

Meskipun kapasitasnya besar, water heater ini tetap mengandalkan energi matahari untuk menghangatkan air, yang berarti kamu dapat mengurangi tagihan energi kamu.

4. Ramah Lingkungan

Menggunakan energi matahari sebagai sumber energi membantu mengurangi emisi karbon dan juga menjaga lingkungan.

 

Kesimpulan

 

Solar water heater adalah solusi yang ramah lingkungan dan hemat energi untuk memanaskan air. Dengan memahami cara kerjanya, kamu dapat memaksimalkan efisiensi energi dan mengurangi biaya energi kamu. Meskipun harga water heater ini mungkin terlihat mahal, investasi ini akan membayar unitnya dalam jangka panjang. Merek seperti Ariston menawarkan produk berkualitas tinggi yang dapat kamu andalkan.

Jadi, jika kamu ingin mengurangi jejak lingkungan kamu dan menghemat uang pada tagihan energi, pertimbangkan untuk menginstal Solar Water Heater Ariston. Dengan skema instalasi yang benar, kamu dapat menikmati air panas yang terjangkau dan ramah lingkungan. Yuk! Hubungi kami sekarang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top